Lokasi Tes CPNS 2014 Gunakan Laboratorium Sekolah

Share
Advertisement

Tes CPNS 2014 BaruLokasi Tes CAT CPNS – Faktor kesiapan dalam seleksi penerimaan CPNS dalam hal sarana Tes CAT CPNS bisa diatasi dengan menggunakan fasilitas sekolah.

Jadi Ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem online tahun ini akan menggunakan fasilitas sekolah. Pasalnya, sekolah menyediakan komputer untuk tes CPNS terkomputerisasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) ditugaskan untuk menyediakan fasilitas computer assisted test (CAT) di 12 kantor regionalnya.

Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyediakan 2.304 titik lokasi yang awalnya digunakan tes kompetensi dasar (TKD) guru.

“Kami bekerjasama dengan Kemendikbud untuk penyediaan lokasi. Sedangkan BKN akan sediakan softwarenya,” kata Azwar Abubakar di Gedung Kemen PANRB di Jakarta, Minggu 15 Juni 2014.

Azwar menambahkan, kedua instansi pemerintah ini akan bekerjasama untuk mensukseskan seleksi CPNS yang menggunakan sistem komputer. Menurutnya, tes kompetensi dasar (TKD) secara keseluruhan di seluruh instansi pusat dan daerah akan menggunakan CAT.

Azwar mengatakan, fasilitas milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dimaksud adalah, infrastruktur Uji Kompetensi Guru (UKG) sebanyak 2.232 laboratorium di sekolah-sekolah.

Selain itu, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan TKD dengan menyediakan 97 laboratorium. Mantan Plt Gubernur Aceh ini menambahkan, TKD tahun ini juga diberlakukan passing grade seperti tahun 2013.

Peserta yang lolos TKD akan mengikuti kembali Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang direncanakan berupa tes tertulis atau psikologi lanjutan, praktik atau perfomance test, serta wawancara oleh instansi.

Share