Kab Kulonprogo Banyak Kekurangan Guru PNS

Share

Kulonprogo KabPNS Guru Kulonprogo – Kab Kulonprogo ternyata masih banyak kekurangan tenaga pendidik PNS. Kekurangan pegawai negeri sipil (PNS) 2015 di Kulonprogo bahkan mencapai 849 orang. Kabid Perencanaan dan Pengembangan BKD Kulonprogo,Sarji, mengatakan jumlah kekurangan itu telah diusulkan ke Menpan.

Meski demikian, Sarji mengakui usulan itu belum tentu dipenuhi oleh pusat. Jika benar porsi belanja pegawai di daerah menjadi syarat permohonan formasi CPNS, bukan tidak mungkin kekurangan PNS di Kulonprogo tidak akan terpenuhi dalam waktu dekat.

Menurutnya, belanja pegawai di Kulonprogo pada 2015 mencapai 58,43 persen dari total APBD, atau sebesar Rp 700 miliar dari total nilai APBD 2015 Rp 1,3 triliun.

“Kalau masih mensyaratkan porsi belanja pegawai, kami hanya bisa berharap semoga formasi layanan dasar mendapat kuota,” kata Sarji, Selasa (19/5/2015).

Formasi layanan dasar yang dimaksud adalah posisi tenaga pendidik dan kesehatan. Jika dua formasi itu sama sekali tidak mendapat kuota dalam lowongan CPNS 2015, menurutnya, pelaksanaan layanan, di sekolah dan kesehatan, itu bakal tetap kerepotan.

“Misal kalau di sekolah tidak ada guru kan repot,” lanjutnya.

Kekurangan tenaga PNS selama ini juga tidak terlepas dari banyaknya pegawai yang pensiun. Per tahun, menurutnya, jumlah tenaga pensiun mencapai 150 an PNS. Sebanyak 130an di antaranya merupakan PNS pendidik atau guru.

Sebab itu, dengan berharap akan mendapat kuota CPNS cukup, usulan ke Menpan di antaranya adalah untuk formasi guru SD sebanyak 252, guru agama dua formasi, tenaga kesehatan 426, dan tenaga staf fungsional umum non pendidikan 79 formasi serta beberapa formasi lainnya

“Untuk sementara ini belum ada update soal pelaksanaan pendaftaran CPNS 2015,” tututpnya.

Share