Inilah Alur Pendaftarannya CPNS 2014

Share
Advertisement

Alur Pendaftaran CPNS 2014 – Lowongan CPNS 214 akan segera dibuka. Melalui laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (6/8/2014) merilis jadwal pendaftaran hingga pelaksanaan tes CAT.

Daftar CPNS GratisPanitia Seleksi (Pansel) CPNS 2014 telah mengumumkan jadwal resmi penerimaan CPNS 2014. Nantinya calon peserta dapat mengakses informasi lengkap lowongan CPNS 2014 mulai tanggal 20 Agustus 2014. Tanggal yang sama instansi terkait akan membuka pendaftaran.

Sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran CPNS pendaftaran dilakukan secara online atau sistem single entry melalui portal Panselnas. “Semua istansi pemerintah dapat dilamar melalui sistem ini,” jelas Menteri PANRB Azwar Abubakar.

Walaupun pendaftaran hanya dua minggu, namun masyarakat tidak perlu repot mengurus kartu kuning, SKCK, dan surat keterangan sehat yang terkadang memakan waktu lama. Persyaratan administratif itu diperlukan ketika pelamar sudah dinyatakan diterima.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN RB Suwardi mengingatkan agar masyarakat dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaftar sebagai CPNS.

“Mulai sekarang sudah menyicil scan-scan dokumen seperti ijazah dan lainnya. Pokoknya yang umum kalau melamar kerja. Jangan sudah mepet nanti malah tidak terkejar,” ujar Suwardi.

Berikut alur pendaftaran CPNS secara online seperti dilansir dari Detik, Jumat (8/8/2014):

  1. Pendaftaran membuka situs resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di alamat http://panselnas.menpan.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom NIK, Nama, Email, dan Pilihan Instansi yang Dilamar. Ini baru bisa dilakukan setelah pendaftaran dibuka yaitu 20 Agustus 2014.
  2. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pelamar akan mendapatkan Username, Password dan Link (tautan) Pendaftaran Online Instansi yang Dilamar.
  3. Buka Link (tautan) Pendaftaran yang sudah diterima. Pelamar akan melihat tampilan pendaftaran CPNS di instansi yang dituju.
  4. Lakukan Login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. Lengkapi pendaftaran, dan lengkapi dokumen. Kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. Cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  6. Tunggu hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator. Hasil verifikasi akan diumumkan dalam situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing lembaga.
  7. Lakukan Login untuk mengetahui hasil verifikasi. Bila lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. Cetak Kartu Peserta Test sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi CPNS.
  8. Bawa Kartu Peserta Test yang sudah di cetak saat mengikuti tes CAT di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.

Adapun Agenda dan Kegiatan Penerimaan CPNS 2014 adalah sebagai berikut:

  1. Pendataan dan penyerahan usulan formasi dilakukan pada April – Mei 2014.
  2. Pembentukan panitia penerimaan CPNS 2014 di tiap-tiap institusi atau BKD dilakukan pada Mei – Juni 2014.
  3. Penyusunan soal ujian dilakukan mulai Mei 2014.
  4. Pengumuman Formasi Lowongan CPNS dilakukan pada 18-29 Agustus 2014.
  5. Pendaftaran CPNS 2014 dan seleksi berkas dilakukan mulai 20 Agustus – 3 September 2014.
  6. Penyusunan soal dilakukan mulai Juni 2014.
  7. Pelaksanaan ujian dan tes CPNS dimulai pada 8 September 2014 sampai selesai.
  8. Pengumuman peserta yang lulus menjadi CPNS tahun 2014 melalui website dilakukan pada November – Desember 2014.
  9. Penyerahan SK CPNS dilakukan pada Desember 2014 – Februari 2015.
Share