Informasi Bocoran Tes CPNS 2013

Share
Sponsored Links

Tes CPNS 2Bocoran Tes CPNS 2013 – Untuk menembus persaingan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidaklah mudah. Lantas, kompetensi apa yang sebenarnya dicari oleh kementerian/lembaga dalam diri kawula muda yang kelak menjadi PNS?

Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) Rizal menyebut, kementerian/lembaga mencari karyawan yang memiliki integritas. Kompetensi itu tercermin dalam hasil tes kompetensi dasar yang harus diikuti oleh kawula muda.

“Rajin-rajin belajar TKD karena itu pintu masuknya. Kami berharap bisa merekrut orang yang punya integritas karena percuma pintar tapi tidak punya integritas. Dalam TKD ada wawasan kebangsaan, yakni empat pilar kebangsaan, kemudian intelegensi umum, dan karakteristik pribadi,” kata Rizal kepada Wartawan di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2013).

Selain TKD, CPNS juga akan menghadapi tes kompetensi bidang (TKB). Tes tersebut, lanjutnya, akan berbeda di tiap kementerian/lembaga. Tergantung dengan spesifikasi kebutuhan yang dicari oleh kementerian/lembaga yang bersangkutan.

“TKB bisa dilakukan dengan wawancara terhadap calon pelamar karena kita ingin mengetahui kompetensi bidang mereka. Tentu berbeda di tiap kementerian tergantung dengan bidang masing-masing. Tapi untuk bisa TKB, harus lolos TKD lebih dulu. Jadi, TKD itu kuncinya,” jelasnya.

Dia menambahkan, beberapa kementerian/lembaga telah siap menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dalam proses perekrutan CPNS. Meski menggunakan sistem online, setiap pelamar tetap harus memenuhi berkas-berkas administrasi yang dibutuhkan dalam perekrutan CPNS.

“Ada lembaga yang siap dengan CAT, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) misalnya. Namun memang ada ketakutan dengan menggunakan sistem online karena kurangnya pengawasan. Tapi, ke depan kami akan menerapkan sistem online dalam perekrutan CPNS,” tutup Rizal.

Share
Under Topics: Bocoran Soal CPNS, lowongan cpns, Syarat Lolos CPNS, Syarat Lulus CPNS,
Pemprov Kaltara Akan Buka Penerimaan CPNS 2015

Pemprov Kaltara Akan Buka Penerimaan CPNS 2015

Info CPNS Kaltara 2015 – Info berikut harus dibaca bagi yang ingin menjadi CPNS

Rekrutmen CPNS Kukar 2015 Mengutamakan Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

Rekrutmen CPNS Kukar 2015 Mengutamakan Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

CPNS Kukar 2015 – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengaku belum menerima

Formasi CPNS 2015 Ditentukan Pertengahan Tahun

Formasi CPNS 2015 Ditentukan Pertengahan Tahun

Info Formasi CPNS 2015 – Seluruh pimpinan instansi baik pusat dan daerah diminta untuk

Follow Pusat Info CPNS agar tidak ketinggalan Info Terbaru...