Info Simulasi CAT CPNS di Kampus USU Medan

Share
Advertisement

CAT CPNS 2014CAT CPNS USU Medan – Bagi anda yang ingin mendaftar CPNS 2014, wajib hukumnya memahami tes CAT. Oleh sebab itu mumpung masih ada waktu sosialisasi CAT CPNS oleh KemenpanRB silakan mengikuti.

Menurut agenda, acara latihan tes CPNS yang akan datang akan digelar di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, pada 22 Juli 2014 mendatang.

Sejumlah keuntungan akan didapat jika mengikuti acara yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) ini.

Pertama, agar peserta tes nantinya tidak gagap teknologi alias gaptek, lantaran di sana nantinya juga digelar simulasi Computer Assisted Test (CAT). Seperti sudah sering diberitakan, tes kompetensi dasar (TKD) CPNS yang mulai digelar Agustus 2014 semuanya akan menggunakan sistem CAT.

“Jadi silakan ikut simulasi CAT ini, gratis. Untuk di Medan akan kami gelar di kampus USU pada tanggal 22 Juli,” terang Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman kepada wartawan, kemarin (3/7).

Keuntungan kedua, para peserta bisa mengetahui kisi-kisi soal yang akan diujikan saat tes CPNS. Sehingga persiapan belajarnya lebih fokus. Materi TKD terdiri dari 3 kelompok soal. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sedangkan kelompok kedua adalah karakteristk pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain-lain. Adapun kelompok soal ketiga adalah intelegensia umum, yang, meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis. “Di sana nanti juga akan dilakukan talk show untuk memberikan penjelasan mengenai berbagai kemudahan seleksi CPNS tahun 2014 ini,” ujar Herman.

Keuntungan ketiga, peserta bisa mengetahui kemampuan dirinya sendiri dalam mengerjakan soal tes. Pasalnya, simulasi CAT bisa langsung diketahui nilai tes, memenuhi passing grade atau tidak.

MenPAN-RB Azwar Abubakar cerita, dari pengalaman simulasi CAT di Bogor, banyak peserta yang tidak bisa memenuhi passing grade, padahal secara kumulatif nilainya tinggi. Umumnya, mereka unggul di salah satu kelompok soal, tetapi jatuh di kelompok soal lainnya. “Ini harus menjadi perhatian. Usahakan agar masing-masing kelompok soal memenuhi passing grade, dengan skor maksimal,” pesannya.

Sekedar diketahui, simulasi CAT ini sudah digelar di Jakarta dan Bogor. Kemarin hingga hari ini (4/7), giliran di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jabar.

Setelah Bandung, simulasi CAT akan digelar di Semarang pada 12 Juli, selanjutnya 14 Juli di Denpasar, 16 Juli di Surabaya, 18 Juli di Makassar, dan pada 22 Juli 2014 diadakan di Medan.

Dengan demikian, para peminat kursi CPNS yang ada di wilayah Sumut dan Aceh, tidak ada pilihan lain, harus datang ke Medan pada 22 Juli, jika ingin ikut simulasi CAT.

Pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dialaksanakan pada Juli ini dan TKD mulai Agustus 2014. Pendaftaran dilakukan secara online, dengan sistem single entry. Pelamar dapat memilih tiga pilihan jabatan pada satu instansi.

Pemerintah Provinsi Sumut dan delapan kabupaten/kota di wilayah Sumut tidak ikut membuka lowongan formasi CPNS yang akan direkrut tahun ini.

Delapan daerah yang tidak ikut membuka lowongan CPNS itu adalah Pemkab Langkat, Mandailing Natal, Simalungun, Kota Medan, Kota Pematangsiantar, Padangsidempuan, Batubara, dan Tapanuli Selatan. Sisanya, 25 kabupaten/kota, ikut melakukan rekrutmen CPNS 2014.

Jadi siapkan diri Anda menghadapi Tes CAT CPNS 2014….

Share