Info Penerimaan Anggota Polri

Share
Advertisement

PolriInfo Pendaftaran Anggota Polri – Pada tahun 2015 ini, Polri akan kembali membuka rekrutmen anggota baru, dari jalur Akpol, Tamtama Brimob, Brigadir, dan sebagainya. Pendaftaran baru akan dibuka Maret 2015 nanti, namun masyarakat yang berminat sudah bisa mencari informasi seputar rekrutmen ini polres-polresta-polrestabes, Polda dan kantor-kantor polisi terdekat.

“Atau informasi bisa diperoleh lewat email ke Biro SDM Polda Jatim, alamatnya : jatim@yahoo.co.id,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Awi Setiyono.

“Pendaftaran dibuka Maret mendatang, tapi bagi warga yang berminat kami sarankan untuk mulai menyiapkan diri, baik persiapan fisik dan administrasinya,” sambung Awi.

Untuk mengingatkan kembali, persyaratan untuk mendaftar menjadi Anggota Polri adalah :

PERSYARATAN UMUM PENERIMAAN ANGGOTA POLRI

  1. Warga Negara Republik Indonesia (Pria dan wanita);
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945;
  4. Usia minimal 16 (enam belas) tahun, maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saat pembukaan pendidikan;
  5. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari instansi kesehatan);
  6. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat berupa SKCK);
  7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian.
  9. Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
  10. Pria : 163 (seratus enam puluh tiga) cm;
  11. Wanita : 160 (seratus enam puluh) cm.
  12. belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan;
  13. bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Perwira Polri;
  14. memperoleh persetujuan dari orang tua/wali;
  15. tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan suatu instansi lain;
  16. pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda pendaftaran minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat dan atau Kartu Keluarga (KK) (bagi yang berusia 17 tahun keatas) atau surat keterangan Kepala Desa/Lurah berdasarkan KK (bagi yang belum berusia 17 tahun). Bagi yang masih menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu) tahun dibuktikan dengan rapor/ijazah dari sekolah yang berada di wilayah Polda Pendaftaran;
  17. bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan :
  18. mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan;
  19. bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol.
  20. mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian dengan sistem yang sudah ditentukan.

Catatan : Persyaratan dapat berubah sesuai dengan kebutuhan organisasi Kepolisian

Disampaikan mantan Kapolres Magetan ini, sejumlah upaya terus dilakukan Polda Jatim untuk menjaring calon-calon anggota polri yang berkualitas. Termasuk melakukan kampanye di daerah-daerah terpencil, dan menyampaikan informasi secara terpadu ke seluruh polres jajaran.

Di antaranya, di daerah-daerah terpencil di wilayah Pacitan dan sejumlah daerah lain di Jawa Timur. “Kampanye di pulau terluar Jawa Timur, yaitu di Pulau Nusa Barong di wilayah Jember, pulau Panehan dan pulau Sekel di Trenggalek, tidak bisa dilakukan karena di pulau-pulau terpencil itu tidak berpenghuni,” sambungnya.

Semua polres jajaran juga diminta untuk terus menyosialisasikan program rekrutmen Polri tahun ini. Setiap perkembangannya, harus dilaporkan ke Biro SDM Polda Jatim.

Beberapa persyaratan utama dalam rekrutmen ini, calon polisi harus warga Indonesia dan sehat jasmani-rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi yang berwenang. Pendaftar juga harus melampirkan surat dari Polres Setempat bahwa tidak pernah dipidana dan melakukan suatu kejahatan. Serta, beberapa persyaratan lain.

“Termasuk siap ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia. Dan saat mendaftar, statusnya belum pernah menikah,” tandas Awi.

Pihaknya menjamin, rekrutmen Polri dilakukan secara berish, transparan, akuntabel dan humanis. Bagi pemuda-pemudi yang berminat, pendaftaran bisa dilakukan secara online via www.penerimaan.polri.go.id dan pendaftaran ulangnya bertempat di polres, polresta, polrestabes setempat.

Info seputar Penerimaan Polri dapat Anda simak di laman :

Share