Info CPNS Pemkot Solo 2013

Share

Advertisement

Info CPNS Pemkot Solo 2013 – Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memastikan tetap mengajukan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot tahun ini. Hanya saja, rekrutmen difokuskan pada pemenuhan kebutuhan tenaga teknis dan guru sekolah dasar (SD).

“Rencananya tetap ada penambahan. Namun tidak general, hanya fokus di posisi tertentu seperti tenaga teknis dan guru SD,” ujar Walikota saat ditemui wartawan di Stadion Manahan Solo, Jumat (25/1/2013).

Sebelumnya, Pemkot enggan merekrut CPNS meski moratorium PNS telah dihapus Desember 2012. Hal itu dilakukan lantaran belanja pegawai sudah merebut 50% lebih dari APBD. Rudy mengatakan, perekrutan CPNS di Solo bakal mandek jika saklek berpedoman pada belanja pegawai. Tahun ini, belanja pegawai di Pemkot Solo mencapai Rp719 miliar. Sementara pendapatan Pemkot tahun 2013 tercatat Rp1,376 triliun.

“Belanja pegawai sulit turun di bawah 50%. Adanya sertifikasi dan kenaikan gaji PNS tak bisa dipungkiri menyebabkan hal itu,” ujar dia.

Pihaknya sudah memikirkan masak-masak ihwal rencana penambahan PNS tahun ini. Menurutnya, penambahan tenaga teknis SKPD dan guru SD mendesak dilakukan melihat kebutuhan lapangan. Dalam waktu dekat, Rudy bakal menyurati Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN) terkait hal tersebut.

“Kami sadari PNS yang ada saat ini sebagian kurang sesuai dengan disiplin ilmunya. Pemkot sudah berusaha menata sesuai disiplin ilmu, tapi praktik lapangan memang butuh penambahan,” ucapnya.

Di lain pihak, Walikota tak menutup mata ihwal keberadaan pegawai honorer kategori II yang juga menunggu diproses menjadi PNS. Rudy terbuka dengan wacana seleksi honorer untuk menambal kebutuhan pegawai. Diketahui, saat ini jumlah pegawai honorer termasuk tenaga pengajar berkisar 840 orang. “Harus dituntaskan mengingat selama masa moratorium ini, Solo kehilangan 800 PNS karena pensiun.” Ref:espos

Share