Gelar Simulasi CAT Online Mulai 20 Agustus 2014

Share
Advertisement

Simulasi CAT CPNS – Bagi calon pendaftar CPNS 2014 yang masih penasaran dengan sistem CPNS mode CAT, berikut ada info bermanfaat buat Anda.

Simulasi Tes CAT CPNSKementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan menghadirkan simulasi CAT secara online, yang dapat diakses oleh masyarakat menggunakan fasilitas internet. Seperti dilansir dari laman resmi menpan.go.id, menurut rencana, simulasi CAT secara online tersebut akan dilaunching pada tanggal 20 Agustus 2014, bersamaan dengan sosialisasi seleksi CPNS 2014 di Istora Senayan, Jakarta. Dalam kesempatan itu juga dilakukan simulasi CAT, serta diskusi bertajuk ‘Seleksi CPNS Bersih, Profesional, dan Tanpa Korupsi (Berprestasi).

Ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para calon pelamar CPNS yang selama ini masih bertanya-tanya tentang tes yang akan dilakukan mendatang. Dengan adanya simulasi menggunakan aplikasi CAT ini, para calon pelamar dapat melakukan latihan soal.

Simulasi CAT ini dapat diikuti melalui portal utama Kementerian PANRB dan BKN. Selain itu juga dapat melalui mitra partner, diantaranya liputan6.com, sindo.com, jpnn.com, jobsdb.com.

Sebelumnya, dari pengalaman di berbagai kota besar, simulasi CAT selalu diserbu oleh ribuan peminat, dan sebagian besar tidak tertampung. Dalam sehari, maksmial hanya bisa menampung 2.000 peserta.

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik, Herman Suryatman, dengan adanya simulasi ini mereka para calon pelamar tidak perlu repot-repot mengikuti rangkaian kegiatan roadshow simulasi tes CPNS dengan sistem CAT ke sejumlah daerah, atau mengunduh apliaksi CAT di sejumlah situs yang berbayar. Sebab menurutnya simulasi tidak dipungut biaya.

Namun ditambahkan juga oleh Herman bahwa meskipun sudah dapat dilaksanakan secara online, simulasi CAT di beberapa kota juga masih akan digelar, terutama untuk daerah-daerah yang mengajukan permintaan. Menurutnya, rencananya sosialisasi juga akan diadakan lagi di Banda Aceh, Maluku, Papua, dan Tanjung Pinang. Namun jadwalnya masih dalam pembahasan.

Seperti yang sudah direncanakan, seleksi CPNS 2014 ini akan menggunakan sistem CAT dimana para pelamar akan mengikuti serangkaian ujian melalui sistem online untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan mereka.

Share