Formasi Lowongan CPNS 2014 Penyandang Disabilitas Tetap Tersedia

Share
Advertisement

DisabilitasFormasi Disabilitas CPNS 2014 – Seleksi Penerimaan CPNS 2014 dipastikan tetap mengakomodasi penyandang disabilitas. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menambah jumlah penerimaan CPNS tahun 2014 khusus untuk penyandang cacat. Menurut Menteri PAN dan RB, Azwar Abubakar, akan dibuka lowongan untuk 300 orang kaum disabilitas. Sebelumnya, tahun 2013 hanya menerima 250 orang. Mereka, kata Azwar, bisa ditempatkan di slot khusus, misalnya untuk mengoperasikan komputer atau call center.

“Supaya kita juga bisa melatih dioptimalkan kemampuannya. Minimal komputer kan di mana-mana ada,” kata Azwar di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 6 Juni 2014.

Tak hanya kaum disabel, Azwar juga harus mencari para dokter spesialis untuk ditempatkan di puskesmas di berbagai daerah. Hal ini, untuk mendorong program BPJS Kesehatan agar berjalan dengan baik. “Pemerintah mengeluarkan uang sekian triliun, tetapi tenaganya juga harus cukup. Kita imbangi, nanti kerjasama dengan Depkes daerah mana saja yang dibutuhkan,” kata dia.

Untuk dokter sendiri dibutuhkan 3000 orang. Sehingga semua puskesmas diwajibkan ada dokter. “Kalau tidak ada dokter, namanya bukan rumah sakit itu,” ujar Azwar.

Selain itu, untuk mencegah agar para sarjana pintar tak pergi atau direbut oleh negara lain, pemerintah juga akan mengadakan perekrutan khusus untuk para sarjana pintar agar bisa menjadi pegawai negara. “Kita buat tim untuk perekrutan untuk masuk ke LIPI, BPPT, jadi orang-orang itu jangan dicuri luar negeri. Walaupun pembayaran tidak memuaskan, minimal kita merangkullah,” ucapnya.

Perekrutan khusus tak hanya dilakukan untuk para sarjana pintar, tetapi perekrutan guru dan perawat di daerah seperti Papua dan Maluku. Menurut Azwar, anak-anak lulusan SMA di daerah itu akan direkrut masuk PNS, kemudian, akan dilatih menjadi guru atau perawat dengan beasiswa. “Sekarang kadang nggak tamat SMP gurunya, ini kan nggak sehat,” kata dia.

Sementara, secara keseluruhan tahun 2014 akan dibuka lowongan sebanyak 100 ribu. Untuk pusat 35.000 dan daerah 65.000. Sementara ujiannya, akan dilakukan pada 2 Juli 2014. “Bulan ini kita beri kematangan formasi,” terangnya.

Atas kebijakan-kebijakan itu, Azwar menyatakan, Wakil Presiden Boediono sangat mendukungnya. “Beliau setuju, berikan dukungan yang kuat. Apa yang baik ini perlu diberikan,” ujarnya.

Share