Formasi CPNS Per Daerah Rata Rata Hanya 300

Share
Advertisement

Formasi CPNS 2014Kuota CPNS 2014 – Pemerintah masih memperketat kuota dalam penerimaan CPNS 2014. Tidak semua usulan akan diterima, karena bukan hanya kebutuhan yang diperhatikan melainkan juga kemampuan daerah yang bisa dilihat dari belanja pegawainya.

Pengetatan ini dilihat dari sedikitnya formasi yang diberikan ke masing-masing instansi. Bahkan banyak instansi yang mengusulkan tambahan pegawai, namun tidak diberikan tambahan formasi.

“Memang formasi yang kita siapkan tahun ini hanya 100 ribu secara nasional. Itu sebabnya pembagian formasinya harus diseleksi agar benar-benar sesuai kebutuhan,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Setiawan Wangsaatmaja, Selasa 15 Juli.

Dia mengungkapkan, usulan kebutuhan pegawai di pusat dan daerah sangat beragam, dari ratusan hingga ribuan. Namun yang disetujui pemerintah hanya lima sampai 300 formasi. “Yang diusulkan masing-masing instansi sangat banyak. Tapi kami tidak percaya begitu saja, karena kami punya data pembanding di Kementerian Keuangan. Bagi instansi yang belanja pegawainya sudah di atas 50 persen tidak akan diberi formasi. Yang mendekati 50 persen diberi formasi namun sedikit,” tuturnya.

Dia mencontohkan Kabupaten Kaur yang mendapatkan formasi 105 orang dari usulan 600-an, Siak dapat 100-an dari pengajuan 1000-an, dan Semarang yang mengusulkan 4.600 tapi hanya diberi 75 formasi.

“Kalau anggaran belanja pegawainya terlalu banyak, dan tetap kita kasi formasi, bagaimana keuangan daerah bisa sehat. Bisa-bisa belanja pembangunan akan dipakai untuk bayar gaji pegawai. Karena itu penetapan formasi kita lihat dari anggaran belanja pegawainya yang datanya ada di Kemenkeu,” terangnya.

Share