Formasi CPNS Batam Posisi Analisis Pemetaan Wilayah Sepi Peminat

Share
Advertisement

Batam KotaCPNS Batam 2014 – Sampai dengan hari keempat pembukaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui online mencapai 1.829 orang. Jumlah tersebut kemungkinan terus bertambah hingga penutupan pada 6 Oktober mendatang.

Menurut Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata, Jumat (26/9), dari sekian banyak formasi, ada satu yang tak begitu diminati pelamar, yaitu analisis pemetaan wilayah. ”Baru hari ini (kemarin, red) ada yang melamar. Itu pun hanya satu orang, selama tiga hari kosong,” ungkap Ardiwinata.

Ardi menambahkan, pada penerimaan CPNS kali ini Pemko akan menggelar simulasi tes CPNS.

Pelamar yang berminat dapat mendaftar ke portal batamkota.go.id. ”Kami pastikan akan ada simulasi tes. Diperkirakan akan diadakan Sabtu (11/10) yang akan datang,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemko Batam membuka penerimaan CPNS untuk 94 orang. Terdiri dari 44 orang guru, 30 orang tenaga teknis, dan 20 orang tenaga medis.

Informasi penerimaan CPNS sekaligus tata cara pendaftaran termuat dalam portal nasional Panitia Seleksi Nasional CPNS 2014 milik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) panselnas.menpan.go.id.

Untuk itu, kata Ardi, calon pendaftar sebaiknya mempelajari tata cara pendaftaran termasuk formasi-formasi yang hendak dituju sebelum mendaftar. Sebab hanya akan berlaku satu kali pendaftaran untuk satu nomor induk kependudukan (NIK) yang sama.

”Masyarakat yang sudah pernah mendaftar CPNS sebelumnya di tahun ini, tidak akan bisa lagi mendaftar. Sebab datanya telah tercatat. Data itu berlaku selama satu tahun,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, data kartu tanda penduduk (KTP) yang berlaku dalam proses penerimaan ini adalah e-KTP. Namun bukan berarti pelamar yang baru memiliki KTP siak tidak dapat mendaftar. Pelamar yang mempergunakan KTP siak, nantinya wajib melampirkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil (Disduk Capil) bahwa peserta sudah merekam e-KTP. Hanya saja, belum keluar.

”Nanti, ketika masuk di portal instansi, di SSCN itu ada fitur help-desk. Di situ sampaikanlah menggunakan KTP siak,” tuturnya.

Proses pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online. Dari portal nasional panselnas.menpan.go.id, pelamar dapat mengikuti alur pembelajaran yang telah ditetapkan. Yakni, mempelajari halaman muka-alur pendaftaran-formasi CPNS 2014-dari kolom Formasi Daerah, klik tautan Pulau Sumatera dan sekitarnya-10 (sepuluh) provinsi-klik tautan Kepulauan Riau- klik Kota Batam-di bagian terbawah laman, klik Formulir Registrasi.

Untuk lebih mudahnya, pelamar dapat langsung mengunjungi laman regpanselnas.menpan.go.id. Lantaran dibuat secara online, semua orang boleh mendaftar. Baik itu masyarakat Batam atau bukan.

Share