BUMN dan UGM Berusaha Merealisasikan Hasil Penelitian UGM

Share
Advertisement

Hasil Penelitian UGM – BUMN menggandeng UGM bekerja sama dalam merealisasikan berbagai hasil penelitian di bidang farmasi dan teknologi kesehatan yang dihasilkan para peneliti UGM. Setidaknya terdapat sembilan hasil penelitian yang akan segera diproduksi di tahun 2013 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan saat mengisi kuliah umum dihadapan 400 mahasiswa UGM di Balai Senat kampus Bulaksumur Yogyakarta, belum lama ini. “Selama ini berbagai penemuan di perguruan tinggi hanya berhenti pada prototype atau uji coba saja. Belum banyak yang dikonkritkan sehingga hasilnya belum bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Karenanya BUMN berupaya untuk membantu dalam hal produksi,” ujarnya.

Dalam memproduksi kesembilan hasil penemuan tersebut, dikatakannya, pihaknya merangkul industri obat-obatan dalam pelaksanaannya. Sementara UGM memiliki kewajiban menggandeng BPOM untuk pengembangan. Hal itu ditujukan agar penelitian yang telah berjalan tidak perlu diulang kembali karena sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh BPOM. “BUMN akan terus mengembangkan kerja sama secara intensif dengan UGM dan perguruan tinggi lainnya,” imbuhnya.

Disebutkan, sejumlah hasil penelitian itu sangat berpotensi untuk dikembangkan karena memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Misalnya bahan pengganti tulang dan pengisi tulang serta obat untuk menormalkan darah penderita diabetes. “Juli 2013 mendatang akan mulai diproduksi oleh BUMN,” ungkapnya.

Sembilan penemuan tersebut adalah bone filler (bahan pengisi tulang), gama-hip (penyambung tulang pangkal paha), bone graft gama-cha (cangkok tulang), anti kolesterol ekstrak sambung nyawa, dan anti diabetes. Berikutnya, pegembangan new entity analgetika termasuk turunannya anti inflamasi dan imunomodulator, nanoteknologi, uji toksisitas babe, serta pembawa vaksin dan stem cell gama-cha.

Sementara itu, Rektor UGM Prof Dr Pratikno MSocSc membenarkan bahwa BUMN telah menggandeng UGM dalam merealiasikan sejumlah temuan peneliti UGM dalam wujud nyata. Berbagai inovasi yang ada akan dikawal oleh BUMN untuk dikembangkan sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat. “UGM telah sepakat untuk mengembangkan lebih lanjut sejumlah penemuan di bidang kesehatan dan kedokteran di dampingi BUMN dalam produksinya,” tambahnya. (ref:Suara merdeka)

Share