BUMN Akan Membangun Pabrik Gula Modern di Banyuwangi Jatim

Share
Advertisement

Pabrik Gula Banyuwangi – Kementerian BUMN akan mengoperasikan pabrik gula Glenmore di tahun 2015 mendatang. Pembangunan pabrik gula paling modern ini pembangunannya sudah dimulai Desember 2012 lalu atau 30 tahun lebih setelah pembangunan pabrik gula moden pertama yang dimiliki Indonesia.

Menurut Deputi Industri Primer Kementerian BUMN, zamkani, pabrik Glenmore ini adalah pabrik modern pertama yang dibangun BUMN. “Terakhir itu BUMN buat pabrik gula tahun 1982 dengan nilai investasi sekitar Rp1,6 triliun hingga Rp1,8 triliun. Ini yang modern yang pertama,” ujar Zamkani di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (3/1)

Pabrik gula ini akan berdiri di atas lahan milik PTPN XII seluas 20 ribu hektare di Afdeling Jolondoro, Kecamatan Glenmore, atau sekitar 80 kilometer dari Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Targetnya tentu dapat membantu program pemerintah untuk swasembada gula. Dan diharapkan pabrik ini juga bisa membantu petani dalam membeli tebu mereka.

“Glenmore ini ditargetkan bisa memproduksi 8 ribu ton gula per hari, sehingga mampu mendukung upaya swasembada gula nasional,” terangnya.

Zamkani menambahkan, saat ini BUMN mempunyai 51 pabrik gula yang dibuat semenjak zaman Belanda atau sekitar tahun 1900-an.

“Pabrik gula ini kan baru akan beroperasi 2015, dan sekarang sedang disiapkan kebunnya. Tahap pertama untuk produksi 6000 tcd (ton cane per day/ton tebu per hari) dengan luas lahan sebesar 8000 hektar,” pungkasnya. (chi/jpnn)

Share