Bappenas dan BPS Merancang Proyeksi Penduduk Indonesia Tahun 2035


Advertisement

Penduduk Indonesia 2035 – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama membuat rancangan proyeksi penduduk Indonesia hingga 2035 berdasarkan sensus penduduk 2010. Rancangan ini memiliki perincian jumlah penduduk tiap provinsi dan pembagian kelompok umur.

“Bappenas bersama BPS sedang finalisasi draf proyeksi penduduk Indonesia sehingga kita bisa lihat proyeksi penduduk hingga 2035,” kata Armida di Cikarang, Bekasi, Rabu (6/1/2013) seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan, selain bekerja sama dengan BPS, pihaknya nanti akan berkoordinasi dengan Menko Kesra HR. Agung Laksono yang sebelumnya telah mengeluarkan grand design penduduk Indonesia.

“Kita akan duduk bersama. Sekarang saja sudah mulai kelihatan di beberapa provinsi dimana aging population-nya meningkat,” katanya.

Armida memprediksi, pada 2035 proporsi penduduk Indonesia berdasarkan umur akan berbentuk piramida terbalik karena tingginya populasi lansia di dalam negeri, berbeda dengan saat ini yang didominasi penduduk berusia muda. “Kalau sekarang kan berbentuk segitiga. Tahun 2025 rata, dan 2035 saya kira akan berbentuk piramida terbalik,” kata Armida.

Sementara terkait Jababeka Medical City yang meluncurkan proyek pembangunan Senior Living @ D’Khayangan sebagai hunian para lansia di kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi, pihaknya menyatakan sangat mendukung proyek tersebut.

“Saya mengapresiasi dunia usaha tidak sekedar menangkap peluang, tapi juga diintegrasikan secara holistik baik pembangunan perumahannya juga sarana prasarana pendukung dengan melihat potensi market dan mempertahankan idealisme untuk memberikan pelayanan terbaik pada para lansia,” katanya. (Nc/Gs). Sumber : www.menkokesra.go.id

Share