Bank BUMN Menyalurkan Dana 78 Persen APBN 2013

Share
Advertisement

Dana APBN 2013 – Kementerian Keuangan bekerjasama dengan empat bank BUMN dalam penyaluran anggaran APBN 2013. Keempat bank itu yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Keempat bank itu menjadi Bank Operasional 1 yang menjadi mitra Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di seluruh Indonesia dalam penyaluran anggaran APBN. Kerjasama ini juga diikuti penerapan sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) secara elektronik yang akan mulai diimpementasikan tahun 2013.

“SPAN merupakaan program nasional, bukan hanya digunakan Kemenkeu namun seluruh stakeholder yang terkait dengan SPAN, penerimaan dan pengeluaran APBN,” ujar Direkur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Agus Suprijanto di Kantornya, Jakarta, Selasa 26 Desember 2012.

Agus menjelaskan dari total APBN sebesar Rp1.683 triliun, 78 persennya atau Rp1.300 triliun akan disalurkan melalui Bank Operasional 1. Sedangkan jumlah belanja anggaran 2012 sebesar Rp1.548 triliun, 78 persennya atau Rp1.240 triliun disalurkan melalui Bank Operasional 1.

Kerjasama ini diharapkan anggaran dapat diserap lebih cepat. Sehingga program khusus yang menyangkut pengembangan ekonomi dilakukan sesuai rencana. “Ini juga akan mengurangi resiko return dari sebagian pengguna anggaran,” ujarnya. (Ref:viva)

Share