23 September Dijadikan Hari Tes CPNS 2013

Share
HOT NEWS ! - Ujian CPNS 2014 akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..? Anda bisa mempraktekan Latihan Ujian CAT CPNS dengan program CAT ini. Wajib dipelajari untuk persiapan ujian CPNS nanti. Info lengkapnya : Klik Disini >> Sponsored Links

tes cpns OKKapan Tes CPNS September – Tes Seleksi CPNS dari pelamar umum, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) direncanakan pada 23 September hingga November mendatang. Dengan sistem ini, para peserta tidak bisa main-main lagi. Serta hasil nilainya, bisa diketahui setelah menjawab soal-soal yang keluar di komputer. Sementara, tes dengan menggunakan menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), dilaksanakan 29 September.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Jayadisman mengatakan, Pemprov berharap, tes bagi CPNS dari pelamar umum pemprov bisa menggunakan sistem CAT. “Kita telah usulkan di APBD Perubahan 2013 untuk bisa menggunakan sistem CAT ini pada tes CPNS dari pelamar umum,” ujar Jayadisman, Senin (12/8).

Meski sudah ada rencana jadwal tes CPNS bagi pelamar umum, namun hingga sekarang, BKD Sumbar belum menerima kapan pendaftaran dilaksanakan. “Untuk pendaftaran CPNS dari pelamar umum, kita belum tahu. Kemungkinan awal September,” ujar Jayadisman.

Dijelaskan, untuk pendaftaran CPNS dari pelamar umum dilakukan secara online. Pendaftaran online ini dengan tujuan agar pelamar tidak bisa mendaftar ke banyak instansi lain, seperti kejadian tahun-tahun sebelumnya. Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar di satu tempat. Semua pelamar akan diberi nomor induk kependudukan (NIK).

Pemprov Sumbar sudah selesai menyusun rincian formasi CPNS dari pelamar umum yang dibutuhkan tahun ini. Namun rincian formasi yang telah disusun tersebut, mesti disetujui dan ditetapkan dulu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB). “Rincian formasi CPNS dari pelamar umur yang diberikan pusat ke Pemprov Sumbar sebanyak 193 formasi, sudah selesai disusun. Rincian tersebut sudah kita serahkan ke Kemenpan dan RB menjelang lebaran kemarin,” katanya.

Dari 193 rincian formasi yang diusulkan, terdiri dari tenaga guru, kesehatan dan teknis. Pemprov butuh tenaga guru mengingat memiliki SMA 1 Padangpanjang, SMK 1 Sumbar dan lainnya, yang tidak pernah mendapatkan jatah menerima guru selama ini.

Sementara, untuk tenaga kesehatan yang diharapkan yaitu dokter umum. Jika dibuka untuk dokter spesialis, tidak ada peminat, seperti pengalaman tahun sebelumnya. Sedangkan tenaga teknis yang dibutuhkan yaitu, bidang ESDM, Prasjal, Pertanian dan Peternakan.

Khusus untuk tenaga honorer kategori 2 (K2), jadwal ujiannya disamakan dengan pelaksanaan CPNS dari pelamar umum. Ujian akan dilaksanakan antarsesama K2 dengan kelulusannya berdasarkan sistem passing grade.

Untuk penerimaan CPNS Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), peserta akan mengikuti tes psikologis, kejujuran dan integritas pada 26-29 Agustus 2013 di SMK 6 Padang. Bahan ujian untuk kejujuran dan integritas ini berasal dari KPK. “Ada 1.018 peserta dari kabupaten/kota se-Sumbar yang mengikuti tes ini. Sedangkan kuota nasional hanya 2 ribu,” sebut Jayadisman.

Selanjutnya, bila peserta lulus dalam tahapan ini, akan dilanjutkan tes kesehatan oleh RST Reksodiwiryo dan Kesamaptaan oleh Korem. Untuk jadwal kedua tes ini terang Jayadisman, belum ditentukan jadwalnya. “Tes yang dijalani peserta ini menggunakan sistem gugur dengan cara passing grade,” ujar Jayadisman.

Setelah lulus tes kesehatan dan kesamaptaan, peserta akan mengikuti tes akademik yang dilakukan oleh Kemenpan dan RB. Barulah setelah itu dilakukan tes penentuan akhir (Pantukir) dengan mengulang pemeriksaaan kesehatan fisik dan kesamaptaan serta ditambah dengan wawancara di Jatinangor, Jabar.

Hot News ! : Pemerintah Indonesia akan melakukan penerimaan CPNS 2014 sebanyak 100.000 orang dari pelamar umum. Jauh lebih banyak daripada tahun 2013 kemarin.

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Karena seperti tahun 2013 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan yang matang.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?

Untuk memudahkan anda mempelajari Soal-Soal CPNS dengan metode yang tepat, Anda bisa menggunakan Paket Latihan Soal CPNS 2014:

  1. Isi produk: Software + Materi Presentasi + ebook
  2. Kumpulan Soal CPNS beserta Jawabannya
  3. Prediksi Soal CPNS yang sering muncul
  4. Praktek Nyata Simulasi Ujian CPNS (Tes Sistem CAT)
  5. Dapat digunakan tanpa internet / offline
  6. Dapat digunakan pada Laptop, iPad dan Android
  7. Berlaku seumur hidup dan gratis update selamanya dan ditambah Ratusan Bonus Gratis materi pendukung belajar Soal CPNS.
  8. Untuk mendapatkan Software ini Selengkapnya : Baca Disini >>>

Share
Under Topics: kapan tes cpns, tes cpns, Tes CPNS 23 September,
Tes CAT CPNS Menghasilkan PNS Handal

Tes CAT CPNS Menghasilkan PNS Handal

Hasil Tes CAT CPNS – Penggunaan Computer Assissted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT-BKN) terbukti

Verifikasi Berkas CPNS Pemprov Banten Belum Selesai

Verifikasi Berkas CPNS Pemprov Banten Belum Selesai

Verifikasi Berkas CPNS Banten – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten belum selesai memverifikasi

Pengumuman CPNS Pekanbaru Diundur Karena Website Error

Pengumuman CPNS Pekanbaru Diundur Karena Website Error

Info Pengumuman CPNS Pekanbaru – Pengumuman kelulusan administrasi peserta CPNS Pekanbaru diundur. Dari yang

Follow Pusat Info CPNS agar tidak ketinggalan Info Terbaru...