2014, Tes CPNS Wajib Gunakan Sistem CAT

Share
Advertisement

CAT CPNSTes CPNS 2014 – Menjelang penerimaan CPNS tahun 2013, semua instansi harus menyiapkan diri. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Abubakar mengungkapkan, pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur pelamar umum tahun 2014 wajib menerapkan sistem computer assisted test (CAT).

Untuk itu, melalui surat bernomor B-2432/M.PAN.RB/7/2013 tertanggal 29 Juli 2013, Menteri mengharapkan seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem CAT dimaksud.

Diungkapkan, untuk pelaksanaan tes CPNS dari jalur umum tahun 2013 ini masih menggunakan sistem kombinasi, yakni lembar jawaban computer (LJK) dan CAT.

“Namun kami berharap agar kementerian, lembaga serta pemerintah daerah yang sudah siap, dapat menerapkan sistem CAT,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Selasa (20/8).

Menurut Azwar, penerapan sistem CAT akan menjamin pelaksanaan seleksi CPNS yang kompetitif, obyektif, transparan dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta tidak dipungut biaya.

Dari hasil Rakor Pengadaan CPNS Tahun 2013 yang diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta tanggal 18 Juli 2013, disepakati bahwa pelaksanaan seleksi CPNS dari pelamar umum tahun 2013 dilakukan secara kombinasi, yakni dapat dengan sistem CAT atau dengan sistem LJK.

Saat ini sudah ada 19 instansi yang berencana menerapkan CAT. Hal ini merupakan langkah yang menggembirakan, dan patut diikuti instansi lain. Apalagi penerapan sistem CAT itu sendiri sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih saat ini seluruh instansi pemerintah sudah menggunakan computer, serta menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dengan kondisi seperti itu, secara teknis tidak akan sulit.

Share